Silabus SMP/ MTs K13 Bahasa Indonesia Revisi 2016

Silabus SMP/ MTs K13 Bahasa Indonesia Revisi 2016
Download Silabus SMP/ MTs Kurikulum 2013 Bahasa Indonesia Revisi 2016

Kurikulum 2013 Mata Pelajaran Bahasa Indonesia secara umum bertujuan agar peserta didik mampu menyimak, mewicara, membaca, dan menulis. Kompetensi dasar yang dikembangkan berdasarkan keempat keterampilan tersebut saling berhubungan dan saling mendukung dalam pengembangan tiga ranah utamanya, yakni pembelajaran berbahasa, bersastra, dan pengembangan literasi.

Pembelajaran berbahasa Indonesia adalah pembelajaran tentang teori-teori kebahasaindonesiaan dan cara penggunaannya yang efektif. Peserta didik belajar tentang fungsi bahasa Indonesia sebagai sarana berinteraksi secara efektif; membangun dan membina hubungan; mengungkapkan dan mempertukarkan pengetahuan, keterampilan, dan sikap berbahasa. Peserta didik mampu berkomunikasi secara efektif, kalimat yang tertata dengan baik; termasuk ejaan dan, tanda bacanya. Pemahaman tentang bahasa sebagai penghela pengetahuan dan komunikasi diharapkan dapat menjadikan peserta didik sebagai penutur bahasa Indonesia yang komunikatif dan produktif.

Adapun pembelajaran sastra berupa teori-teori tentang khasanah sastra Indonesia klasik dan modern serta sastra dunia pada umumnya yang bertujuan untuk mengembangkan mengkaji nilai akhlak/kepribadian, budaya, sosial, dan estetik para peserta didik. Pilihan karya sastra dalam pembelajaran yang berpotensi memuliakan kehidupan peserta didik, memperluas pengalaman batin, dan mengembangkan kompetensi imajinatif. Peserta didik belajar mengapresiasi karya sastra dan menciptakan karya sastra di samping memperkaya pemahaman mereka akan nilai-nilai ketuhanan, kemanusiaan, lingkungan sekitar, dan sekaligus memperkaya kompetensi berbahasanya.

Peserta didik menafsirkan, mengapresiasi, mengevaluasi, dan menciptakan teks sastra seperti dongeng, cerpen, novel, hikayat, puisi, drama, film, dan teks multimedia (lisan, cetak, digital/online). Karya sastra yang dimaksud di samping memiliki nilai-nilai keindahan, juga memperkuat nilai-nilai ilahiah para peserta didik dan memperkaya wawasan kebudayaan mereka, baik yang bersifat kedaerahan, nasional, dan dunia internasional. Karya sastra yang memiliki potensi kekerasan, pornografi, dan memicu konflik SARA haruslah dihindari. Karya sastra unggulan namun belum sesuai dengan pembelajaran di sekolah--, upaya memodifikasi untuk kepentingan pembelajaran dapat dilakukan tanpa melanggar hak cipta.

Silabus mata pelajaran Bahasa Indonesia di SMP/MTs ini disusun dengan format dan penyajian/penulisan yang sederhana sehingga mudah dipahami dan dilaksanakan oleh guru. Penyederhanaan format dimaksudkan agar penyajiannya lebih efisien, tidak terlalu banyak halaman namun lingkup dan substansinya tidak berkurang, serta tetap mempertimbangkan tata urutan (sequence) materi dan kompetensinya. Penyusunan silabus ini dilakukan dengan prinsip keselarasan antara ide, desain, dan pelaksanaan kurikulum; mudah diajarkan/dikelola oleh guru (teachable); mudah dipelajari oleh peserta didik (learnable); terukur pencapainnya (measurable assessable), dan bermakna untuk dipelajari (worth to learn) sebagai bekal untuk kehidupan dan kelanjutan pendidikan peserta didik.

Silabus ini bersifat fleksibel, kontekstual, dan memberikan kesempatan kepada guru untuk mengembangkan dan melaksanakan pembelajaran, serta mengakomodasi keungulan-keunggulan lokal. Atas dasar prinsip tersebut, komponen silabus mencakup Kompetensi Dasar, materi pembelajaran, dan kegiatan pembelajaran. Uraian pembelajaran yang terdapat dalam silabus merupakan alternatif kegiatan yang dirancang berbasis aktivitas. Pembelajaran tersebut merupakan alternatif dan inspiratif sehingga guru dapat mengembangkan berbagai model yang sesuai dengan karakteristik masing-masing mata pelajaran. Dalam melaksanakan silabus ini guru diharapkan kreatif dalam pengembangan materi, pengelolaan proses pembelajaran, penggunaan metode dan model pembelajaran, yang disesuaikan dengan situasi dan kondisi masyarakat serta tingkat perkembangan kemampuan peserta didik.

DAFTAR ISI
I; PENDAHULUAN
A. Rasional
B. Kompetensi Lulusan Bahasa Indonesia di Pendidikan Dasar dan Menengah
C. Kompetensi Bahasa Indonesia di Pendidikan Menengah
D. Kerangka Pengembangan Kurikulum Bahasa Indonesia
E. Pembelajaran dan Penilaian
F Kontekstualisasi Pembelajaran Sesuai dengan Keunggulan dan Kebutuhan Daerah serta Peserta didik

II. KOMPETENSI DASAR, MATERI, DAN KEGIATAN PEMBELAJARAN
A; Kelas VII
B; Kelas VIII
C; Kelas IX

Pencarian di Goolge berkaitan dengan Silabus SMP/ MTs K13 Bahasa Indonesia Revisi 2016 menemukan beberapa Kata Kunci seperti :
  • Silabus Bahasa Indonesia SMP  Kurikulum 2013 Revisi 2017 Doc
  • Silabus Bahasa Inggris SMP  Kurikulum 2013 Revisi 2017 Doc
  • Silabus Bahasa Indonesia SMP  Kurikulum 2013 Revisi 2018
  • Silabus Kurikulum 2013 SMP  Revisi 2017
  • Silabus SMP  Kurikulum 2013 Revisi 2018
  • Silabus K13 SMP  Bahasa Indonesia
  • Silabus IPA  SMP  Kurikulum 2013 Revisi 2017 Doc
  • Silabus Matematika SMP  Kurikulum 2013 Revisi 2017 Doc
Itu semua merujuk pada yang dibagikan pada artikel kali ini, lebih jelasnya lagi silahkan anda lihat melalui preview berikut ini ;

Tampilan Silabus SMP/ MTs K13 Bahasa Indonesia Revisi 2016


Itulah kiranya tampilan dari File Silabus SMP/ MTs K13 Bahasa Indonesia Revisi 2016 yang dibagikan kali ini. Untuk bapak/ibu dimanapun yang membutuhkan file dalam format Microsoft Office Excel, Word dan PDF bisa dengan mudah didapatkan melalui tautan link yang sudah kami sematkan dibawah ini :
Silabus SMP/ MTs K13 Bahasa Indonesia Revisi 2016 SIMPAN
Baca Juga
Demikian kiranya yang bisa kami sampaikan mengenai Silabus SMP/ MTs K13 Bahasa Indonesia Revisi 2016 pada kesempatan kali ini. Dan jangan lupa untuk diBAGIKAN atau SHARE melalui Tombol Dibawah jika dirasa Bermanfaat untuk Rekan yang lain. "Terima Kasih".

Disclaimer: Gambar ataupun video yang ada di situs ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut.

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Silabus SMP/ MTs K13 Bahasa Indonesia Revisi 2016"

Posting Komentar