Silabus Agama Khonghucu SMP Kurikulum 2013 Kelas 7 8 9 Revisi Tahun 2019

Berikut ini kami bagikan Silabus Agama Khonghucu dan Budi Pekerti SMP Kurikulum 2013 Kelas 7, 8 dan 9 Revisi Tahun 2019 dalam format PDF yang bisa didapatkan secara Gratis dan lengkap sebagai Persiapan dan Melengkapi Administrasi Guru tahun Pelajaran 2019/2020.

Silabus Agama Khonghucu SMP Kurikulum 2013 Kelas 7 8 9 Revisi Tahun 2019

Silabus Agama Khonghucu SMP Kurikulum 2013 Kelas 7 8 9 Revisi Tahun 2019

Kompetensi, materi, dan pembelajaran Pendidikan Agama Khonghucu dan Budi Pekerti dikembangkan melalui pertimbangan kepentingan hidup bersama secara damai dan harmonis (to live together in peace and harmony). Pembelajaran dilaksanakan berbasis aktivitas pada kegiatan intrakurikuler, kokurikuler, dan ekstrakurikuler.

Penumbuhan dan pengembangan sikap dilakukan sepanjang proses pembelajaran, pembiasaan, keteladanan, dan pembudayaan untuk mengembangkan karakter siswa lebih lanjut. Sekolah sebagai taman yang menyenangkan untuk tumbuh berkembangnya pengetahuan, keterampilan, dan sikap siswa yang menempatkan pengetahuan sebagai perilaku (behavior), tidak hanya berupa hafalan atau verbal. Kurikulum 2013 menekankan pada dimensi pedagogik modern dalam pembelajaran, yaitu menggunakan pendekatan ilmiah. Pendekatan ilmiah (scientific approach) dalam pembelajaran sebagaimana dimaksud meliputi mengamati, mengamati, menanya, menalar, mencoba, membentuk jejaring untuk semua mata pelajaran.

Pendekatan saintifik ini sangat sejalan dengan apa yang diajarkan Nabi Kongzi tentang pendekatan belajar sebagaimana tersurat dalam kitab Zhongyong Bab XIX pasal 19. “Banyak-banyaklah belajar; pandai-pandailah bertanya; hati-hatilah memikirkannya; dan sungguh-sungguhlah melaksanakannya.”
  • Banyak-banyaklah belajar (Mengamati)
  • Pandai-pandailah bertanya (Menanya)
  • Hati-hatilah memikirkannya (Menalar/eksplorasi)
  • Jelas-jelaslah menguraikannya (Mengasosiasi)
  • Sungguh-sungguhlah melaksanakannya (Mengomunikasikan)
Pendidikan Agama Khonghucu dan Budi Pekerti berfokus pada pembentukan karakter siswa menuju pribadi yang luhur mulia (Junzi). Sebagaimana dikatakan Nabi Kongzi, bahwa mendidik berarti menumbuhkan sifat-sifat baik, dan menolong dari kekhilafan. “Di antara pelajar, ada empat kekhilafan (Si Shi) yang wajib difahami seorang pelajar. Khilaf terlalu banyak yang dipelajari (Duo Shi); khilaf karena terlalu sedikit yang dipelajari (Gua Shi), Khilaf karena menggampangkan (Yi Shi); dan khilaf karena ingin segera berhenti belajar (Zhi Shi). Keempat masalah ini timbul di hati yang tidak sama. Bila diketahui akan hatinya, kemudian akan dapat menolong mereka dari kekhilafan itu. Mendidik ialah menumbuhkan sifat-sifat baiknya dan menolong dari kekhilafannya.” (Li Ji XVI: 14).

Silabus Agama Khonghucu SMP Kurikulum 2013 Kelas 7 8 9 Revisi Tahun 2019 ini disusun dengan format dan penyajian/penulisan yang sederhana sehingga mudah dipahami dan dilaksanakan oleh guru. Penyederhanaan format dimaksudkan agar penyajiannya lebih efisien, tidak terlalu banyak halaman namun lingkup dan substansinya tidak berkurang, serta tetap mempertimbangkan tata urutan (sequence) materi dan kompetensinya. Penyusunan silabus ini dilakukan dengan prinsip keselarasan antara ide, desain, dan pelaksanaan kurikulum; mudah diajarkan oleh guru (teachable); mudah dipelajari oleh siswa (learnable); terukur pencapainnya (measurable), dan bermakna untuk dipelajari (worth to learn) sebagai bekal untuk kehidupan dan kelanjutan pendidikan siswa.

Silabus Agama Khonghucu SMP Kurikulum 2013 Kelas 7 8 9 Revisi Tahun 2019 ini merupakan acuan bagi guru dalam melakukan pembelajaran agar siswa mampu mempraktikkan ajaran agama Khonghucu dengan melakukan pembiasaan, penghayatan, dan pengamalan dalam kehidupan sehari-hari.

Silabus Agama Khonghucu SMP Kurikulum 2013 Kelas 7 8 9 Revisi Tahun 2019 ini merupakan acuan bagi guru dalam melakukan pembelajaran agar siswa memiliki pengetahuan, keterampilan, dan sikap yang sesuai ajaran iman Katolik. Silabus ini bersifat fleksibel, kontekstual, dan memberikan kesempatan kepada guru untuk mengembangkan dan melaksanakan pembelajaran, serta mengakomodasi keungulan-keunggulan lokal. Atas dasar prinsip tersebut, komponen silabus mencakup kompetensi dasar, materi pembelajaran, dan kegiatan pembelajaran.

Pencarian di Google berkaitan dengan Silabus Agama Khonghucu SMP Kurikulum 2013 Kelas 7 8 9 Revisi Tahun 2019 menemukan beberapa Kata Kunci seperti :
  • Silabus Agama Khonghucu Kelas 7 Kurikulum 2013 Revisi Terbaru
  • Silabus Agama Khonghucu Kelas 8 SMP Kurikulum 2013 Revisi Terbaru
  • Silabus Agama Khonghucu Kelas 9 SMP Kurikulum 2013 Revisi Terbaru 2019
  • Prota Agama Khonghucu Kelas 7 8 9 Kurikulum 2013 Revisi Tahun 2019
  • Promes Agama Khonghucu Kelas 7 8 9 Kurikulum 2013 Revisi Tahun 2019
  • RPP Agama Khonghucu Kelas 7 Kurikulum 2013 Revisi terbaru 2019
  • RPP Agama Khonghucu Kelas 8 Kurikulum 2013 Revisi terbaru 2019
  • RPP Agama Khonghucu Kelas 9 Kurikulum 2013 Revisi terbaru 2019
  • KKM Agama Khonghucu SMP Kelas 7, 8, dan 9 K-13 Revisi Terbaru
Untuk Silabus akan dibagikan kali ini, namun untuk Prota, Promes, RPP dan KKM akan kami update secepatnya jika sudah mendapatkan file yang benar-benar versi Revisi Terbaru.

Download Silabus Agama Khonghucu SMP Kurikulum 2013 Kelas 7 8 9 Revisi Tahun 2019

Selengkapnya mengenai Isi dari Silabus Agama Khonghucu SMP Kelas 7 8 9 Kurikulum 2013 Revisi Tahun 2019 bisa di Download atau dilihat melalui tampilan dibawah ini :


Itulah kiranya tampilan dari File Silabus Agama Khonghucu Kelas 7 8 9 Kurikulum 2013 Revisi Tahun 2019 yang dibagikan kali ini. Untuk bapak/ibu dimanapun yang membutuhkan file dalam format Microsoft Office Excel, Word dan PDF bisa dengan mudah didapatkan melalui tautan link yang sudah kami sematkan dibawah ini :

Link Download Silabus Agama Khonghucu Kelas 7 8 9 Kurikulum 2013 Revisi Tahun 2019

Baca Juga
Demikian kiranya yang bisa kami sampaikan mengenai Silabus Agama Khonghucu SMP Kurikulum 2013 Kelas 7 8 9 Revisi Tahun 2019 pada kesempatan kali ini. Dan jangan lupa untuk diBAGIKAN atau SHARE melalui Tombol Dibawah jika dirasa Bermanfaat untuk Rekan yang lain. "Terima Kasih".

Disclaimer: Gambar ataupun video yang ada di situs ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut.

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Silabus Agama Khonghucu SMP Kurikulum 2013 Kelas 7 8 9 Revisi Tahun 2019"

Posting Komentar