Silabus IPS SMP/ MTs K13 Revisi 2016

Silabus IPS SMP/ MTs K13 Revisi 2016
Download Silabus IPS SMP/ MTs K13 Revisi 2016
Berikut ini kami bagikan kembali Silabus IPS SMP/ MTs K13 (Kurikulum 2013) Revisi 2016 kelas 7, 8, 9 dalam format PDF yang bisa didapatkan secara Gratis sebagai kelengkapan Administrasi Guru dan acuan dalam pembuatan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP).

Mata Pelajaran IPS merupakan salah satu mata pelajaran wajib di SMP/MTsyang memadukan (integrated) konsep geografi, sosiologi, ekonomi, dan sejarah. Karena itu pembelajaran IPS diorganisasikan dengan pendekatan interdisipliner, multidisipliner atau transdisipliner dari Ilmu-ilmu Sosial, Humaniora, dan Psikologi sesuai perkembangan peserta didik.

Mata Pelajaran IPS menggunakan geografi sebagai titik tolak (platform) kajian dengan pertimbangan semua tempat, benda, sumber daya dan peristiwa terikat dengan lokasi. Tujuannya adalah menekankan pentingnya ruang sebagai tempat hidup dan sumberdaya bagi manusia, mengenal potensi dan keterbatasan ruang, karena itulah ruang selalu saling berhubungan (konektivitas antarruang) untuk saling melengkapi. Akibat dari interaksi antara alam dan manusia, serta konektivitas antarruang, ruang pun senantiasa berubah menurut waktu dan teknologi yang digunakan oleh manusia dalam memanfaatkan ruang. Pemahaman ruang dalam lingkup negara Indonesia dapat mengembangan rasa cinta terhadap tanah air, memperkokoh kesatuan dan persatuan (NKRI).

Pembelajaran IPS di SMP/MTs meliputi pemahaman lingkungan dan masyarakat dalam lingkup nasional dan internasional untuk mengembangkan pengetahuan, sikap, berpikir logis, sistematis, kritis, analitis, dan berketerampilan sosial. Semua itu, selain untuk meningkatkan pemahaman potensi wilayah Indonesia, juga mengembangkan nasionalisme, memperkokoh sikap kebangsaan, dan mampu bekerjasama dalam masyarakat majemuk selaku warga masyarakat, warga negara dan warga dunia.

Silabus IPS SMP/ MTs K13 Revisi 2016 ini disusun dengan format dan penyajian/penulisan yang sederhana sehingga mudah dipahami dan dilaksanakan oleh guru. Penyederhanaan format dimaksudkan agar penyajiannya lebih efisien, tidak terlalu banyak halaman namun lingkup dan substansinya tidak berkurang, serta tetap mempertimbangkan tata urutan (sequence) materi dan kompetensinya. Penyusunan silabus ini dilakukan dengan prinsip keselarasan antara ide, desain, dan pelaksanaan kurikulum; mudah diajarkan/dikelola oleh guru (teachable); mudah dipelajari oleh peserta didik (learnable); terukur pencapainnya (measurable assessable), dan bermakna untuk dipelajari (worth to learn) sebagai bekal untuk kehidupan dan kelanjutan pendidikan peserta didik.

Silabus IPS SMP/ MTs K13 Revisi 2016 ini bersifat fleksibel, kontekstual, dan memberikan kesempatan kepada guru untuk mengembangkan dan melaksanakan pembelajaran, serta mengakomodasi keungulan-keunggulan lokal. Atas dasar prinsip tersebut, komponen silabus mencakup Kompetensi Dasar, materi pembelajaran, dan kegiatan pembelajaran. Uraian pembelajaran yang terdapat dalam silabus merupakan alternatif kegiatan yang dirancang berbasis aktivitas. Pembelajaran tersebut merupakan alternatif dan inspiratif sehingga guru dapat mengembangkan berbagai model yang sesuai dengan karakteristik masing-masing mata pelajaran. Dalam melaksanakan silabus ini guru diharapkan kreatif dalam pengembangan materi, pengelolaan proses pembelajaran, penggunaan metode dan model pembelajaran, yang disesuaikan dengan situasi dan kondisi masyarakat serta tingkat perkembangan kemampuan peserta didik.

DAFTAR ISI
I. PENDAHULUAN
A; Rasional
B; Kompetensi Setelah Mempelajari Ilmu Pengetahuan Sosial di SMP/ MTs
C; Kompetensi Setelah Mempelajari Ilmu Pengetahuan Sosial di SMP/ MTs
D; Kerangka Pengembangan Kurikulum Ilmu Pengetahuan Sosial SMP/ MTs
E; Pembelajaran dan Penilaian
F; Kontekstualisasi Pembelajaran Sesuai dengan Kondisi Lingkungan dan Peserta Didik

II. KOMPETENSI DASAR, MATERI PEMBELAJARAN, DAN KEGIATAN PEMBELAJARAN
A; Kelas VII
B; Kelas VIII
C; Kelas IX
Pencarian di Google berkaitan dengan Silabus IPA SMP/ MTs K13 Revisi 2016 menemukan beberapa Kata Kunci seperti :
  • Silabus Kurikulum 2013 SMP  Revisi 2017
  • Silabus SMP  Kurikulum 2013 Revisi 2018
  • Silabus Matematika SMP  Kurikulum 2013 Revisi 2017 Doc
  • Silabus IPA  SMP  Kurikulum 2013 Revisi 2017 Doc
  • Silabus Bahasa Indonesia SMP  Kurikulum 2013 Revisi 2017 Doc
  • Silabus Bahasa Inggris SMP  Kurikulum 2013 Revisi 2017 Doc
  • Silabus SMP  Kurikulum 2013 Revisi 2017 Doc
  • Silabus Bahasa Inggris SMP  Kurikulum 2013 Revisi 2018
Itu semua merujuk pada file yang dibagikan pada artikel kali ini, lebih jelasnya lagi silahkan anda lihat melalui preview berikut ini ;

Tampilan Silabus IPS SMP/ MTs K13 Revisi 2016


Itulah kiranya tampilan dari File Silabus SMP/ MTs K13 Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) Revisi 2016 yang dibagikan kali ini. Untuk bapak/ibu dimanapun yang membutuhkan file dalam format Microsoft Office Excel, Word dan PDF bisa dengan mudah didapatkan melalui tautan link yang sudah kami sematkan dibawah ini :
Silabus IPS SMP/ MTs K13 Revisi 2016 SIMPAN
Baca Juga
Demikian kiranya yang bisa kami sampaikan mengenai Silabus IPS SMP/ MTs K13 Revisi 2016 pada kesempatan kali ini. Dan jangan lupa untuk diBAGIKAN atau SHARE melalui Tombol Dibawah jika dirasa Bermanfaat untuk Rekan yang lain. "Terima Kasih".

Disclaimer: Gambar ataupun video yang ada di situs ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut.

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Silabus IPS SMP/ MTs K13 Revisi 2016"

Posting Komentar