Silabus Bahasa Indonesia SMP/MTs Kurikulum 2013

Silabus Bahasa Indonesia SMP/MTs Kurikulum 2013

Silabus Bahasa Indonesia SMP/MTs Kurikulum 2013
Download Silabus Bahasa Indonesia SMP/MTs Kurikulum 2013

Bagi sebagian besar peserta didik SMP/MTs di Indonesia, belajar bahasa Inggris adalah pengalaman pertama mengenal bahasa Inggris secara formal. Pada tahap ini, aspek bahasa seperti perbendaharaan kata, pengucapan, tekanan kata, tata bahasa, dan aspek lainnya merupakan hal yang baru dan mungkin tidak mudah untuk dipelajari karena bahasa Inggris memiliki perbedaan dalam banyak aspek dari bahasa ibu peserta didik.

Pengajaran bahasa, termasuk pengajaran bahasa Inggris seyogyanya berfokus pada peningkatan kompetensi peserta didik untuk mampu menggunakan bahasa tersebut dalam mencapai tujuan komunikasi di berbagai konteks, baik lisan maupun tulis. Salah satu pendekatan yang berfokus pada peningkatan kompetensi peserta didik untuk menggunakan bahasa yang dipelajarinya dalam berbagai tujuan komunikasi adalah pengajaran berbasis teks. Pembelajaran ini adalah pembelajaran yang mengacu pada fungsi bahasa dan penggunaannya, yang merupakan satu kesatuan makna baik lisan maupun tulis. Adapun yang dimaksud dengan teks adalah kesatuan makna yang dapat terdiri atas satu kata seperti kata ‘stop’ di pinggir jalan, satu frase ‘no smoking’, satu kalimat berupa pengumuman sampai satu buku. Dengan demikian, pembelajaran berbasis genre sangat relevan untuk diterapkan. Dengan didasarkan pada pengajaran berbasis teks, silabus ini menekankan pada peningkatan kemampuan peserta didik untuk menggunakan bahasa Inggris dalam berbagai jenis teks. Teks dipelajari bukan sebagai sasaran akhir, tetapi sebagai alat untuk melakukan berbagai aktivitas dalam kehidupan nyata. Pada tingkat dasar ini, materi ajar terdiri atas teks-teks pendek dan sederhana.

Merujuk pada rumusan Kompetensi Inti untuk SMP/MTs, pembelajaran dirancang untuk memberikan pengalaman dalam menggunakan teks-teks berbahasa Inggris untuk memahami dan menerapkan pengetahuan faktual, konseptual, dan prosedural terkait fenomena dan kejadian tampak mata, melalui kegiatan berbicara, menyimak, membaca, dan menulis dalam ranah konkret. Penggunaan teks juga bertujuan untuk mengembangkan sikap menghargai dan menghayati nilai-nilai agama dan sosial, termasuk perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya. Pembelajaran bahasa Inggris berbasis teks mendukung pembelajaran pada mata pelajaran lain dalam kurikulum. Misalnya, pembelajaran teks deskriptif akan mengembangkan kemampuan peserta didik antara lain pada mata pelajaran Seni Budaya untuk mempromosikan wisata di Indonesia. Selain itu, pembelajaran jenis teks lain akan membantu peserta didik dalam memperluas wawasan keilmuannya tentang materi dalam mata pelajaran lain dalam skala internasional.

Silabus ini disusun dengan format dan penyajian/penulisan yang sederhana sehingga mudah dipahami dan dilaksanakan oleh guru. Penyederhanaan format dimaksudkan agar penyajiannya lebih efisien, tidak terlalu banyak halaman namun lingkup dan substansinya tidak berkurang, serta tetap mempertimbangkan tata urutan (sequence) materi dan kompetensinya. Penyusunan silabus ini dilakukan dengan prinsip keselarasan antara ide, desain, dan pelaksanaan kurikulum; mudah diajarkan oleh guru (teachable); mudah dipelajari oleh peserta didik (learnable); terukur pencapainnya (measurable); dan bermakna untuk dipelajari (worth to learn) sebagai bekal untuk kehidupan dan kelanjutan pendidikan peserta didik.

Silabus ini bersifat fleksibel, kontekstual, dan memberikan kesempatan kepada guru untuk mengembangkan dan melaksanakan pembelajaran, serta mengakomodasi keunggulan-keunggulan lokal. Atas dasar prinsip tersebut, komponen silabus mencakup kompetensi dasar, materi pembelajaran, dan kegiatan pembelajaran. Uraian pembelajaran yang terdapat dalam silabus merupakan alternatif kegiatan yang dirancang berbasis aktivitas. Pembelajaran tersebut merupakan alternatif dan inspiratif sehingga guru dapat mengembangkan berbagai model yang sesuai dengan karakteristik masing-masing mata pelajaran. Dalam melaksanakan silabus ini guru diharapkan kreatif dalam pengembangan materi, pengelolaan proses pembelajaran, penggunaan metode dan model pembelajaran, yang disesuaikan dengan situasi dan kondisi masyarakat serta tingkat perkembangan kemampuan peserta didik.


DAFTAR ISI
I. PENDAHULUAN 1
A. Rasional
B. Kompetensi Setelah Mempelajari Bahasa Inggris di Pendidikan Menengah
C. Kompetensi Setelah Mempelajari Bahasa Inggris di Sekolah Menengah Pertama/Madrasah Tsanawiyah
D. Kerangka Pengembangan Kurikulum Bahasa Inggris Sekolah Menengah Pertama/Madrasah Tsanawiyah
E. Pembelajaran dan Penilaian
F. Kontekstualisasi Pembelajaran Sesuai dengan Kondisi Lingkungan dan Peserta Didik
II. KOMPETENSI DASAR, MATERI PEMBELAJARAN, DAN KEGIATAN PEMBELAJARAN
A. Kelas VII
B. Kelas VIII
C. Kelas IX

Kata Kunci Pencarian di Google untuk Silabus Bahasa Indonesia SMP/MTs Kurikulum 2013 seperti :
  • Silabus Bahasa Indonesia SMP Kurikulum 2013 Revisi 2017 Doc
  • Silabus Bahasa Indonesia SMP Kurikulum 2013 Pdf
  • Silabus Bahasa Indonesia SMP Kurikulum 2013 Revisi 2018
  • Silabus Kurikulum 2013 SMP Revisi 2017
  • Silabus SMP Kurikulum 2013 Revisi 2018
  • Silabus Bahasa Inggris SMP Kurikulum 2013 Revisi 2017 Doc
  • Silabus IPA SMP Kurikulum 2013 Doc
  • Silabus SMP Kurikulum 2013 Revisi 2017 Doc
Itu semua sama saja mencari file yang dibagikan kami kali ini. Lebih jelas dan lengkapnya lagi, bisa dengan mudah di lihat melalui tampilan berikut ini ;

Tampilan Instrumen Supervisi Kelas Kurikulum 2013


Itulah kiranya tampilan dari File Silabus Bahasa Indonesia SMP/MTs Kurikulum 2013 yang dibagikan kali ini. Untuk bapak/ibu dimanapun yang membutuhkan file mentahnya dalam format Microsoft Office Excel atau Word bisa dengan mudah didapatkan melalui tautan link yang sudah kami sematkan dibawah ini :
SIMPAN Silabus Bahasa Indonesia SMP/MTs Kurikulum 2013
Baca Juga
Demikian kiranya yang bisa kami sampaikan mengenai Silabus Bahasa Indonesia SMP/MTs Kurikulum 2013 pada kesempatan kali ini. Dan jangan lupa untuk diBAGIKAN atau SHARE melalui Tombol Dibawah jika dirasa Bermanfaat untuk Rekan yang lain. "Terima Kasih".

Disclaimer: Gambar ataupun video yang ada di situs ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut.

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Silabus Bahasa Indonesia SMP/MTs Kurikulum 2013"

Posting Komentar